Gampang buat VCD Koleksi Foto dengan Pinnacle Studio Plus (Bagian 2-Habis)

11. Untuk memotong tampilan yg kita inginkan, klik Play untuk memutar video , kemudian pilih Clip Mark In atau tekan F5 untuk memotong awal video yg kita inginkan, kemudian Clip Mark Out atau tekan F6 akhir dari potongan video, kemudian untuk melihat hasil dari potongan klik Add to Clip List atau tekan F7 , potongan video akan ditampilkan.

12. Untuk menyimpan potongan video tadi, klik kanan pada potongan video, pilih Save this Clip dan simpan di drive yg kamu inginkan, mudah bukan??

9.jpg

13. Oke, seduhlah secangkir kopi atau teh dan luruskan punggung, sholatlah dulu kalo dah terdengar azan..lho kok jadi kemari ,,,.. he..he.

14. Sekarang buka kembali antarmuka Pinnacle-mu, untuk memasukkan potongan video tadi, pilih Show Video , kemudian klik gambar folder sudut kanan atas dan pilih potongan video tadi kemudian klik Open, potongan videomu akan ditampilkan.

12.jpg

15. Drag dan Droplah potongan video ke halaman Over View Video seperti pada gambar, untuk melihat hasilnya klik Play.

13.jpg

16. Okey, selanjutnya kita akan memasukkan foto-foto koleksi kita, masuk kembali kehalaman Show photos and frame grabs seperti gambar, kemudian lakukan hal yg sama saat memasukkan potongan video tadi yaitu dengan Drag dan Drop, susunlah urutan foto sesuai dengan waktu pengambilannya.

blog-4.jpg

17. Berikutnya untuk mempercantik perpindahan antara foto yg satu dengan foto berikutnya kita akan memberi jeda yg dinamakan transisi, pilih tab Transitions seperti gambar, pilihlah efek transisi yg kamu sukai, kemudian drag dan drop pada foto sisi antara foto yg satu dengan yg lain, lakukan hal yg sama pada foto-foto berikutnya.

14.jpg

18. Oke, setelah berkreasi dengan efek transisi, tentunya untuk menjelaskan foto apa yg sedang ditampilkan kita perlu sedikit memberikan teks. Begini caranya…..pindahlah ke tab Teks kemudian pilih mode teks yg ingin kamu gunakan, biasalah, drag dan drop ke halaman seperti gambar dibawah.

151.jpg

19. Untuk melakukan pengeditan pada teks, double klik teks yg telah di drop, kamu akan masuk ke halaman pengeditan seperti gambar dibawah ini, untuk memulai pengeditan kliklah teks, dan action, berkreasilah sesukamu, puas, klik OK, lihat sendiri hasilnya.

1.jpg

20. Untuk membuat kreasi kita lebih sempurna, kita bisa memasukkan efek musik yg kita sukai, mau???, nih…..pilih tab Show Audio Files, Pinnacle juga telah menyediakan Sound Effect sederhana, namun tentunya juga bisa memasukkan sound effect yg sudah tersimpan di harddisk atau media penyimpanan lain, lakukan seperti melakukan pengambilan foto diatas dengan mengklik gambar folder di sudut kanan atas, kemudian pilihlah lagu kesukaanmu, klik OK.

2.jpg

21. Nah, dah tahu kan drag dan drop lagu kesukaanmu itu ke Window View Media pada bagian Sound Effect Tray, aturlah sedemikian rupa sehingga alunan musik serasi dengan foto yg sedang ditampilkan.

3.jpg

22. Segitu aja mah, mudah bukan, tinggal sekarang bagaimana kreatifitas kamu untuk ngoprek nih software untuk membuat video yg berkualitas.

23. Sekarang tinggal melakukan proses Render (mengubah ke format video yg kita inginkan), sekarang pilih tab Make Movie, pada halaman ini kamu akan melihat beberapa format video yg dapat dihasilkan Pinnacle diantaranya : Tape (format video dengan menggunakan pita kaset, ah jarang nih dipake orang), AVI (format video yg biasa kita putar pada windows media player, tapi ukuran filenya besar banget karena kualitas gambar yg dihasilkan bagus) MPEG (hampir sama dengan AVI tapi ukuran file lebih kecil), kemudian Stream dan Share (itu biasanya untuk format file pada web), Disc (format VCD Player).

24. Nah, sekarang kita langsung aja ya Render ke CD, upps,… jg lupa ya CD Writernya, masukkan CD Blanknya, action, Klik Create Disc, kopi ama teh tadi dah habis belum, sambil menunggu lanjutkan dulu ngopi dan ngetehnya, sambil ngemil juga gak pa pa, capek deh……

5.jpg

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat
Referensi : Pengalaman Sendiri

8 Comments

  1. Posted Januari 22, 2008 at 2:45 am | Permalink

    solusi untuk kemajuan, suatu hal yang mahal bisa jadi murah bila diniati ibadah

  2. andye
    Posted Juni 4, 2008 at 12:38 pm | Permalink

    kirim ke email donk versi terbarunya ..

    thx

  3. Posted Juni 10, 2008 at 7:45 am | Permalink

    sebenarnya pinnacle keunggulanya apa sihhh…..?

  4. Jhigong
    Posted Agustus 8, 2008 at 3:48 am | Permalink

    pinnacle studio plus 11 ku bermasalah, setelah diinstal masih bisa dipakai
    tapi setelah pinnacle exit, mau buka lagi ada pesan error unexpected character
    gimana ngatasinya bro…?
    apakah pinncle studio 11 harus conect ke internet terus?
    mohon pencerahannya

    thx

  5. puguh supono
    Posted November 2, 2008 at 3:14 pm | Permalink

    untuk meningkatkan gambar formatnya vcd tapi hasilnya kaya DVD gimana pake pinnacle ? Transisi 3 D biar cepet ngrendernya gimana, VGA sudah 512, Ram sudah 2 G, tp tetep nglelet,.. knp cih ? tolong ya… dibales

  6. Posted Juni 24, 2011 at 10:03 pm | Permalink

    hi…

    informasi yang bagus dan menarik……

    mf, saya punya problem… setiap saya akan melakukan make movie..star…selalu keluar render error….mohon solusi,,, trims. by I Nyoman

  7. muni
    Posted Februari 27, 2014 at 3:12 pm | Permalink

    saya ingin membuat video dari photo di pinacle tapi tampilannya seperti photo yang sedang di zoom…jadi seakan akan photo itu bergerak….bisa ga yah..mohon infonya

  8. Posted Juni 26, 2014 at 3:43 pm | Permalink

    Yth agan,
    Sy pake versi 14 :
    1. Gk support semua format video
    2. Beberapa klip hilang audionya klu sdh di Add di Porojeck
    Bantu dong


Tulis sebuah Komentar

%d blogger menyukai ini: