Gampang buat VCD Koleksi Foto dengan Pinnacle Studio Plus (Bagian 1)

Di era serba digital pada saat ini tidak ada salahnya bila kita sedikit beralih menggunakan teknologi yang ada untuk mengabadikan koleksi foto dengan tampilan yang lebih menarik dan interaktif yang dapat kita putar pada media VCD Player atau DVD Player tentunya sesuai dengan media player yang kita miliki.
Berikut ini aku mencoba untuk sedikit berbagi dengan kamu untuk Membuat VCD Album Foto Interaktif dengan
Pinnacle Studio Plus, semoga bermanfaat :

  1. Langkah awal tentunya dengan mengumpulkan koleksi foto yang akan kita editing di Pinnacle Studio Plus, saranku agar foto-foto yg ditampilkan lebih sempurna dan dapat dimengerti cerita apa yang disampaikan, kumpulkan koleksi fotomu yg merupakan koleksi pada satu acara/kegiatan saja, tentunya koleksi foto tersebut memungkinkan kita untuk dapat berkreasi nantinya dengan urutan pengambilan yg teratur pada setiap eventnya misalnya Koleksi Foto Tamasya Keluarga, tapi yg dicontohkan berikut ini adalah Koleksi Foto Kegiatan Khitanan Massal Gratis yg diadakan oleh DPRa PKS Maharatu bekerjasama dengan BSMI Pekanbaru dan aku juga turut andil di dalamnya .

  2. Oke, aku anggap kamu sudah siap dengan koleksi fotomu, kalo belum yach siapkan dulu dong…
  3. Berikutnya aku akan sedikit menjelaskan tentang Pinnacle Studio 9, software ini adalah software komersil untuk pengolahan video untuk hobi maupun keperluan profesional, seperti software pengolahan video lainnya Pinnacle Studio Plus version ini memiliki langkah kerja yg sama yaitu Capture (merekam materi video kedalam harddisk atau lebih dkenal dengan proses capturing atau pada video analog dikenal dengan proses digitizing), Edit (menyusun urutan adegan, memotong video atau menambah evek visual), Make Movie (mengubahnya ke format yg diinginkan seperti .avi,.mpeg,.dat,.wav). Untuk lebih jelasnya silahkan kamu baca di Help.

  4. Cukup dulu yach penjelasannya, nah sekarang mari kita berkreasi.
  5. Aku menganggap semua software yang nantinya dibicarakan disini sudah terinstal di komputer kamu.
  6. Sekarang bukalah antar muka Pinnacle Studio, dapat kita lihat seperti dibawah ini, karena kita tidak akan melakukan proses capture karena semua foto-foto yang akan kita olah tentunya sudah didalam hardisk komputer.

blog11.jpg

7. Pilihlah tab seperti yg ditunjukkan pada gambar dibawah dimana ini adalah halaman pada Pinnacle Studio Plus untuk menampilkan foto-foto yang akan kita olah.

blog21.jpg

8. Pilih gambar folder yg terletak di sudut kanan atas, seperti yg ditunjukkan gambar dibawah ini, kemudian pilihlah folder koleksi fotomu.

blog-3.jpg

9. Semua foto koleksimu akan ditampilkan pada Window View Media seperti yg terlihat ada gambar dibawah ini.

blog-4.jpg

10. Oke, sekarang kita lanjutkan dengan proses editing, untuk membuat tampilan awal berikut aku akan memberikan sedikit tips dengan mengambil potongan video dari sebuah film dengan menggunakan software VCD Cutter, oke jalankan VCD Cuttermu, kemudian Klik File, Pilih Play VCD untuk mengambil video dari VCD atau Open Movies, jika video sudah berada di harddisk, sekarang yg dicontohkan berikut ini, mengambil dari VCD, ntar deh disambung lg…..sabar yahhh……

6.jpg


  1. najwa
    Posted Agustus 29, 2007 at 7:21 am | Permalink

    weeewww…
    pengen juga coba..
    tapi kok kayaknya ribet yaa..
    heheeee…
    saya agak2 gaptek nih klo masalah2 begituan..
    sering2 ja tampilin masalah IT..
    biar bisa belajar juga.
    makasih kk.

  2. rolly
    Posted September 22, 2007 at 4:25 am | Permalink

    ada software yagn lain apa nggak sih yah mass?
    soale aku cari yang simpel dan praktis namun hasile bagus gicu lhooo??!
    gmana bisa antu ane?

  3. de-f10
    Posted September 22, 2007 at 4:36 am | Permalink

    sebelumnya trima kasih telah berkunjung, soal software yg dimaksud “simpel dan praktis” utk pengolahan video, Pinnacle adalah salah satunya ada jg sih spt Ulead tp featurenya lebih bagus di Pinnacle.
    Tp kalo kamu mau yg lebih kompleks dan lebih profesional coba pake deh Adobe Premiere, tp tetap aja ya, gak gratisan.

  4. ALI
    Posted Desember 10, 2007 at 10:21 am | Permalink

    aku rada kesulitan pake pinnacle ini, khususnya pas waktu mau masukkin lagu. pernah dicoba capturing audio..tapi setelah di save ternyata lagu ga terekam. apa ada yang salah. apa harus selalu lewat vcd cutter walaupun yang mau kita masukkan adalah koleksi foto.( bukan video ). sorry, masih new banget sih di pinnacle. thanks a lot.

  5. Posted Desember 15, 2007 at 6:56 am | Permalink

    permisi, salam kenal ya…
    mo nanya neh,
    aku punya permasalahan seperti ini :
    aku punya banyak foto – foto kegiatan, nah kemudian foto-foto itu aku buat dalam bemtuk WMV melalui windows movie maker.

    nah sekarang aku punya banya video-video berdurasi 5-10 menitan.

    rencananya aku ingin burning video-video itu dalam bentuk VCD agar bisa diliat dalam VCD player.

    pertanyaan saya: apakah keinginan saya bisa terwujud?? dan caranya seperti apa??

    apakah software seperni nero bisa digunakan untuk itu?? d an bagaimana caranya??

    jawabannya tolong dikirim ke email saya ya.
    terimaksih

  6. jimin
    Posted Februari 18, 2008 at 3:18 am | Permalink

    COBA KIRIM PROGARAMNYA KE ALAMAT INI SAYA INGIN COBA YANG LEBIH DALAM

  7. Posted Februari 18, 2008 at 3:22 am | Permalink

    SALAM KENAL MAU COBA JUGA PROGRAM PINACLE10SAYA PUNYA TAPI PINACLE9

  8. kurmawan
    Posted Maret 25, 2008 at 12:54 am | Permalink

    minta tolong dong kirimkan diemail aku yach….
    gimana langkah2 mengganti background video sesuai selera kita dengan menggunakan pinnacle yach? tolong dibalas yach…thanks sebelumnya

  9. Didik sunardi
    Posted April 17, 2008 at 8:29 am | Permalink

    Bozzzz… Bisa minta tolong, biasanya pada awal pemutaran film/ VCD suka ada tampilan countdown, bisa bantu saya gimana cara buatnya atau bisa didownload dimana..?
    Terima kasih atas bantuannya

  10. Posted April 22, 2008 at 5:10 am | Permalink

    aduh tertarik aku! Bisa ga programnya dikirim ke e-mailku? terima kasih

  11. ai
    Posted Agustus 6, 2008 at 9:57 pm | Permalink

    bagaimana caranya menyimpan file yang sudah diedit, dalam bentuk mpeg atau yang lain thanks.

  12. made
    Posted Agustus 7, 2008 at 4:16 am | Permalink

    boleh minta sofware pinnacle 8 ato yg mana aza dech,klo bisa yg versi ringan untuk Pentium III

  13. Posted Januari 5, 2009 at 4:42 am | Permalink

    kalo muncul pesan pinnacle no enable for pal itu gimana solusinya

  14. gaptek
    Posted Januari 21, 2009 at 6:17 am | Permalink

    pake pinnacle 12 lebih powerfull download aja di h33t.com filenya kecil kok cuma 6 gigaan he…he… saya uda downlaod. saya uda download dan benar2 powerfull kalo mau masterx e-mail ke anggi_ku_07@yahoo.co.id

  15. kang apep
    Posted Mei 29, 2009 at 6:33 am | Permalink

    tolong donk..gmana caranya biar gambar/film yg burem/gelap biar terang n bagus ato jelas..?thx yaa

  16. yono
    Posted Juli 3, 2009 at 4:47 am | Permalink

    sobat skl, kalo ak dah dicoba dr durasi,transl,b-ground…, tp pas smp insert ke CD baru aku bingung….bg..sobat..yg th…mohon..dnk..pencerahannya..

    trimakasih.sblnya..

  17. klewer66
    Posted November 6, 2009 at 2:39 am | Permalink

    ADA YANG TAHU, DIMANA BISA DOWNLOAD PINNACLW STUDIO 12 YANG GRTAIS…

  18. klewer66
    Posted November 6, 2009 at 2:40 am | Permalink

    ADA YANG TAHU, DIMANA BISA DOWNLOAD PINNACLW STUDIO 12 YANG GRTAIS…
    KIRIM KE klewer66@yahoo.com.my…….tengkyuuuuu banget

  19. iky joe (aceh)
    Posted April 14, 2010 at 1:53 pm | Permalink

    slm kenal… ^_^

    maf boleh minta diajarin cara format video yang udah kita edit ke format>>> .Dat
    karena saya mentok di situ ^_^ thx tas bantua nya..bisa kirim ke e-mail (iky_joe@yahoo.com) saya ya
    oia situs cara edit menggunakan pinacle apa ya?

  20. Posted Juli 10, 2010 at 9:17 am | Permalink

    What necessary phrase… super, magnificent idea

  21. Posted Juni 9, 2012 at 4:26 pm | Permalink

    Foto tidk ada

  22. ahmad
    Posted Juni 9, 2013 at 5:46 am | Permalink

    b0s aq pernah burning vidio di pinnacle tp hasilnya di tv gak penuh cuma k0tak di tengah . .kanan kiri atas bwah hitam.


One Trackback/Pingback

  1. [...] [...]

Tulis sebuah Komentar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

